12/8/12

7 MANFAAT BUAH ANGGUR UNTUK KESEHATAN

Anggur merupakan buah dengan ciri berbentuk bulat agak lonjong  berukuran kecil seperti kelereng namun ada juga yang ukurannya agak besar, buah ini umumnya berwarna hijau, merah kehitaman, ungu, hitam, dan biru kehitaman. 

Berikut ini adalah 7 manfaat buah anggur untuk kesehatan:

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup banyak membuat buah anggur direkomendasikan untuk dikonsumsi manusia oleh sejumlah pakar kesehatan dunia. Ursula Arens, pakar nutrisi senior dari Inggris menyatakan bahwa vitamin C berguna untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.
 
2. Kesehatan Pencernaan

Selain kaya akan vitamin C, buah anggur juga memiliki serat yang sangat tinggi dibandingkan dengan buah lain.

Serat sangat penting bagi usus agar berfungsi dengan baik dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat, di samping juga meningkatkan kesehatan dengan membantu menurunkan kolesterol.

3. Sembuhkan Luka

Senyawa Tanin yang terdapat pada anggur berfungsi untuk menyembuhkan luka. Sarah Wilson, pakar gizi dari Princess Grace Hospital, London, mengungkapkan bahwa mengoleskan buah beri pada kulit yang terluka akan mengencangkan jaringan sehingga membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi perdarahan.

4. Membantu Melawan Sel Kanker

Senyawa kimia flavonoid yang terdapat pada buah anggur secara uji klinis terbukti efektif melawan kanker kulit dan kanker paru-paru. Tidak hanya itu saja, anthocyanin atau sekelompok pigmen pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan mampu untuk menghambat pertumbuhan sel tumor.

5. Melindungi Mata

Manfaat kelima dari buah anggur adalah melindungi mata dari pembentukan makul, yang merupakan daerah paling sensitif terhadap cahaya dan terletak di belakang retina. Hal ini dapat terjadi karena buah anggur memiliki kandungan lutein yang membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.

6. Pembentukan Tulang

Satu genggam buah anggur memberi hampir setengah asupan harian mangan yang direkomendasikan. Sebagaimana diketahui, mangan merupakan sumber mineral yang paling baik.

7. Meningkatkan Pertumbuhan Sel

Manfaat ketujuh dari buah anggur  adalah untuk pembelahan dan pertumbuhan sel sehat. Salah satu zat yang dibutuhkan dalam hal itu adalah folat, atau biasa dikenal sebagai vitamin B9 atau asam folat dimana buah anggur memilikinya. Sejumlah pakar kesehatan bahkan menganjurkan wanita hamil mengonsumsi buah ini agar risiko bayi lahir cacat semakin mengecil.

4 comments:

Unknown said...

banyak juga tenyata ya manfaat anggur baru tau aku thx ya kk
bondowoso-jawa.blogspot.com

LangitAnisa said...

keren blognya dex...bagi2 dong cara buat headernya...he..he...trs menulis dex...jg jgn lp kunjungi blog k2..he..msh amburadul..

Unknown said...

donny@ thanks jg dh mengunjungi....
kk tiwi@ mksh kk. yg header tu emang lh dpt dri templatesnya.ok.ok.

Pusat Sandal Sancu said...

mantapzz gan.....info kesehatan yang sangat berguna....
ditunggu kunjungan baliknya gan